Manusia hidup tidak lepas berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Keselarasan interaksi alam dan manusia akan menjadikan kehidupan manusia tentram dan nyaman. Manusia yang diberikan akal dan pikirannya dituntut untuk berkreasi positif dalam berkonstribusi manata lingkungan disekitarnya. Sikap memiliki dan kepedulian terhadap lingkungan akan membuat lingkungan pun bersahabat dengan manusia. Demikian pula dengan taman yang dibuat sebagai eleman pelengkap alam sekitarnya yang dibuat manusia harus selaras dengan suasana makro maupun mikro nya baik kesesuaian tumbuh maupun tingkat keawetannya (sustainable). Untuk mencapai keselarasan, keawetan maupun keindahan pertamanan tidak terlepas dari kegiatan dan kaidah kaidah perawatan. Ibarat tubuh , taman pun harus selalu dirawat.

Gambar Taman Rumah Minimalis-9

Taman yang dirawat sesuai dengan tata aturan perawatan dan penanganan serta di dukung oleh personal yang memiliki rasa cinta terhadap tanaman. Akan berdampak pada keawetan dan keindahan taman yang dibuatnya. Hal tersebut setiap pemilik dituntut memiliki sense of belonging dan kepedulian terhadap taman yang telah dibuatnya. Aturan aturan teknis seperti: pemupukan, pemangkasan, penjarangan, pencegahan hama penyakit, seleksi bibit, penggemburan media tanam mutlak harus dimiliki ilmunya untuk menjadikan taman semakin indah dan subur.

Dalam sekop yang besar dan skala bisnis, kaidah kaidah ini harus dimiliki oleh pelaku usaha atau perusahaan bahkan hal ini bisa dijadikan Icon, visi maupun misi dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa landscaping. Karena unsur terbesar dalam bidang ini adalah seni dan adanya sense of belonging. Tidak semata faktor untung rugi saja yang menjadi bahan pertimbangan dan tujuan namun kelangsungan usaha yang sustain yang seharusnya dijadikan tujuan utama perusahaan.

taman tropis1

Dengan penanganan garden maintenance yang professional baik dilengkapi dengan unsur non teknis seperti safety tools, knowledge, material support maupun teknis dan kompetensi personalnya perusahaan yang bergerak di bidang maintenance ini akan sustaian dalam menjalankan usaha pertamanan. Hal ini berlaku juga untuk semua ide pertamanan seperti vertical garden, Roof garden, hanging garden, Dry garden maupun pekerjaan hardscape.

Jika taman tumbuh subur, awet dan semakin indah akan otomatis dijadikan referensi yang bisa dipertanggungjawabkan serta portofolio yang real untuk mengerjakan project project ditempat lain, apalagi pernah menangani project project yang cukup prestisious seperti hotel hotel, taman gedung, restoran , public area, Properti dll. Tidak perlu perusahaan bersusah payah cari orderan project, dengan modal perawatan yang professional pun, otomatis permintaan dari pihak pihak lain akan terus mengalir. Jadi tunggu apa lagi, sesuatu yang terkadang kecil namun kalau ditangani secara professional dan diikuti rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap tanaman ( taman –red) maka usaha ini akan memberikan dampak positif yang cukup menjanjikan.