Serial Garden Maintenance

Berkembangnya pembangunan sektor property baik perumahan, gedung maupun infrastruktur mendorong pertumbuhan para penggiat tanaman hias untuk berlomba – lomba meningkatkan produksinya untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan penghijauan yang dirasa makin mendesak. Fakta ini terlihat khususnya dikota kota besar maupun pinggiran yang tidak kalah gencarnya dalam pembangunan sektor property baik dilaksanakan oleh perorangan maupun perusahaan property. Apalagi dengan adanya ketentuan min 30 % Ruang terbuka Hijau setiap bangunan komersial harus melaksanakan program tersebut di atas.

Slide-2

Ketika bangunan bangunan sudah berdiri kini kita jumpai suasana asri yang tampak hijau dan ramah lingkungan menghiasi bangunan maupun boulevard dan fasiulitas umum. Ide ide taman pun beraneka ragam dari sisi landscape baik bertema taman tropis, taman komunal, vertical garden/taman vertical, bahkan roof garden tampak hijau di atap atap bangunan. Keasrian landscape /taman tidak lepas dari garden maintenance atau aktivitas perawatan taman karena kunci taman menjadi indah, awet dan sustain mutlak diperlukan perawatan mulai dari pembersihan daun kering, pemupukan, pemangkasan , pencegahan hama penyakit sampai dengan penyulaman tanaman dan penyiraman.

Dipandang dari nilai bisnis sebenarnya harga jasa perawatan taman bisa ditakar dan tidaklah terlalu mahal. Dan bidang ini kurang begitu diminati oleh pelaku bisnis /kontraktor landscape/taman. Namun sebenarnya pernyataan ini tidaklah sepenuhnya benar asalkan ditekuni secara konsisten. Adanya perawatan taman justru akan melahirkan re-order taman minimal pihak pengguna jasa akan memesan tanaman maupun sarana lain yang berhubungan dengan tanaman, misalnya pot tanaman indoor, media tanaman, jasa renovasi taman, bahkan akan memberikan referensi kepada rekan kerja yang lain agar untuk menggunakan jasa taman kita karena dinilai tidak mengecewakan.

Dari sinilah mulai muncul masukan masukan baru yang nilainya cukup significant untuk dapat mendongkrak pendapatan usaha dari perawatan taman ini. Namun demikian untuk menghasilkan reorder ini dibutuhkan kesabaran karena tidak otomatis akan terjadi order berkelanjutan butuh waktu 3, 6, bahkan sampai 12 bulan. Intinya apabila taman yang anda rawat dipandang lebih subur, indah dan asri anda tinggal menunggu saja untuk orderan berikutnya. Yang tidak kalah penting jaga hubungan relationship dengan pihak pengguna jasa kita selama perawatan taman berlangsung dan pada klien klien yang sdh pernah kita kerjakan tamannya baik pribadi maupun institusi yg pernah menggunakan jasa kita.

Admin – Maret 2018