April 2020

Sesuai kebijakan Pemprov DKI pada bulan Maret ini dicanangkan gerakan kerja di rumah ( Work From Homa) bagi para pegawai formal khususnya maupun meliburkan sekolah di dunia pendidikan dengan system belajar dirumah secara online, seiring dengan upaya penanggulanagan dan pencegahan wafah virus covid 19 yang sedang berlangsung menyerang Negara ini.

Tinggal di rumah bukan berarti tidak produktif, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan kegiatan berkebun atau pun menata kembali taman taman rumah ada meskipun di halaman yang mungil sekalipun. Banyak tema – tema yang bisa anda lakukan untuk menata kembali taman mungil anda , baik di area semi indoor di halaman, maupun di halaman utama atau di belakang rumah anda. Tentu anda tidak melupakan kaidah social distancing dan selalu menjaga kebersihan dan sanitasi di saat anda melakukan aktivitas tersebut.

Tema mini tropical, mini forest, rain forest ,taman kering maupun vertical garden , taman gantung banyak yang bisa anda terapkan. Bahkan jika tidak percaya diri untuk menata kembali minimal anda bisa merawat taman dengan upaya seperti merapihkan tanaman yang ada, memangkas ranting daun daun yang terlalu lebat, memupuk, membersihkan daun daun kering, menyiram taman, sehingga tinggal di rumah menjadi produktif dan tanaman maupun taman anda tetap terpelihara.

Sesekali jika anda tindak mempunyai tukang kebun maupun pembantu bisa menggunakan jasa perawatan taman di bidangnya yang tentunya tetap memperhatikan standar standar kerja untuk menghindari dan tetap menjaga protocol kesehatan dan memperhatikan kebersihan.

Jika anda mempunyai taman yang cukup lega dan agak kewalahan kuatir terlambat menyiram, bisa mennggunakan jasa pemasangan irigasi atau penyiraman otomatis yang sekarang ini cukup banyak dijumpai pada pihak yang berkompetan dibidang taman dan pemasangan system penyiraman otomatis (sprinkle).


Untuk taman gantung anda dapat memanfaatkan dinding dinding yang kosong, dengan mengaitkan media misalnya botol aqua kosong, pot pot kecil yg dikasih kawat maupun tanaman tanaman yang menjuntai (cascade) seperti kadaka, tanduk rusa, lee kuan yu, sirih sirihan, pakis pakisan di teras teras rumah anda sehingga walaupun anda hanya mempunyai halaman kecil sekalipun rumah anda akan tampak asri dengan taman taman gantung dengan aneka media yang anda gantungkan disitu disamping juga sebagai penyedia oksigen , sehingga terasa nyaman dan sejuk. Cara lain juga anda bisa membuat rangka rangka rambatan sederhana dengan kawat steinless dan bisa diaplikasikan tanaman rambat yang mempunyai bunga aneka warna dengan catatan area kena sinar matahari agar tumbuh normal.


Menjelang musim hujan . pemasangan sprinkle sangat diperlukan untuk mensupport air bagi tanaman agar tetap tumbuh dengan optimal. Anda tentu masih punya keinginan untuk mendengarkan suara gemericik air di malam hari ketika musim kemarau nanti tiba , dapat anda pasang dengan water fountain yang di hubungkan dengan sumber listrik maupun timer yang diatur waktu air berputar.

Nah demikian sekilas contoh kegiatan – kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan produktivitas anda dimasa sekarang ini. Tidak ada salahnya anda mempercayakan juga kepada pihak yang paham tentang taman sehingga keinginan yg anda impikan dapat terwujud.

Sielamat mencoba…

By admin – DQ